Sejarah Paroki Santa Maria Fatima – Sentul City

Paroki Santa Maria Fatima (SMF) yang berlokasi di Sentul City (sebelumnya bernama Bukit Sentul), Babakan Madang, Bogor, merupakan salah satu Paroki termuda di Keuskupan Bogor. Paroki SMF juga merupakan salah satu Paroki terkecil bila dilihat dari jumlah umat dibandingkan umat di paroki-paroki lain di Keuskupan Bogor.

Bila dilihat dari aspek perkembangan umat sejak awal berdirinya, Paroki SMF telah berkembang cukup pesat. Pada  sisi kuantitas, jumlah KK umat terus meningkat dari 120 jumlah KK tahun 2009 menjadi 223 KK tahun 2016 atau meningkat 85%dalam 8 tahun, sementara jumlah umat meningkat dari 318 tahun 2009 menjadi 800 umat pada akhir 2016, atau meningkat 151%.

Perumahan Bukit Sentul mulai dibangun tahun 1993. Beberapa cluster selesai dibangun sekitar tahun 1996-1997. Seiring dengan selesainya beberapa cluster perumahan, beberapa warga dari luar Sentul mulai menghuni rumah baru mereka. Diantara warga yang pindah ke Sentul, ada yang beragama Katolik, sehingga mereka membentuk komunitas tersendiri, yang kemudian berkembang hingga terbentuknya sebuah lingkungan dibawah naungan Paroki Keluarga Kudus, Cibinong.

Disamping itu, ada beberapa keluarga Katolik juga yang telah menghuni kawasan Babakan Madang dan sekitarnya sebelum Perumahan Sentul City dikembangkan. Sebagian dari mereka ada yang bertugas sebagai guru di sekolah dasar di Babakan Madang, Karang Tengah dan sekitarnya, dan ada juga yang berprofesi lain seperti penyuluh pertanian.

Keguyuban umat Katolik di Sentul City terus berkembang. Dengan meningkatnya jumlah umat di Sentul, maka pada bulan April 2001, dibentuk Lingkungan St. Veronica, melalui Surat Keputusan Dewan Pastoral Paroki Keluarga Kudus Cibinong No.012/DP/PKKC/IV/2001.

Dari tahun 2001 hingga pertengahan 2007, Lingkungan St Veronika berada dibawah naungan Paroki Keluarga Kudus Cibinong. Terpilih sebagai Ketua Lingkungan pertama adalah Ibu Maria Veronica Poppy Gunadi. Kepengurusan Lingkungan beralih dari Ibu Poppy kepada Bapak Andreas Joko Soeroso (2004-2006) dan dilanjutkan oleh Bpk. David Stefanus Sammy Harsamto (2006-2008).

Seiring perkembangan umat, pada tanggal 2 Juli 2007, Bapak Uskup Mgr Michael Cosmas Angkur, OFM, mengeluarkan surat keputusan dengan mengangkat Romo Michael Suharsono, Pr, sebagai Pastor Paroki perdana, Paroki St Maria Fatima Sentul. Keputusan ini ditetapkan sebagai hari lahirnya Paroki SMF, yang kemudian diperingati sebagai hari ulang tahun Paroki SMF.

Pada 10 tahun pertama, sudah ada 3 Pastor Paroki yang bertugas di Paroki Santa Maria Fatima :

  1. Romo Michael Suharsono, Pr (2 Juli 2007-10 Mei 2008) yang merangkap Pastor Paroki Keluarga Kudus Cibinong,
  2. Romo Stefanus Maria Sumardiyo Adipranoto, PR, yang sebelumnya mengemban tugas sebagai Rektor Seminari Tinggi Santo Petrus dan Paulus (10 Mei 2008 -09 November 2014)
  3. RD. Ignatius Heru Wihardono (09 November 2014 – sekarang).

 

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s